PSB 2020/21: Dari Atlet Sepakbola hingga Negeri Sakura

Waktu terus bergulir, Perubahan adalah keniscayaan. Hari itu, Ahad tanggal 12 Januari 2020 bisa jadi adalah hari yang ditunggu- tunggu oleh 188 calon santri PPTQ SahabatQu ( Gelombang I ). Bagaimana tidak, pondok pesantren dengan bangunan bersih dan elegan ini kembali membuka Penerimaan Santri Baru (PSB) untuk Tahun Ajaran 2020/2021. Seperti tahun sebelumnya, penerimaan dibuka dengan 2 Gelombang pendaftaran. Dengan rincian:

Gelombang I  = 01 November 2019 – 08 Januari 2020

Gelombang II = 27 Januari -26 Februari 2020

Penerimaan kali ini kembali memberi kesempatan kepada calon santri mulai dari jenjang SD- SMP dan SMA. Ustadz Ridho Islami, S.Pd.,S.Psi yang merupakan Ketua Pelaksana PSB tahun ini menuturkan total 188 calon santri yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia ini , akan mengikuti beberapa tahap seleksi, yaitu :  Tes Akademik – Tes Al Qur’an –  Wawancara Orang Tua – Wawancara Anak dan terakhir Tes Kesehatan.

Wawancara calon santri
Test Al Qur’an
Test Akademik
Test Kesehatan

Proses seleksi PSB kali ini terpusat di Kampus Utama Pesantren SahabatQu yang beralamat di Jalan Deresan III No. 26 Caturtunggal, Depok, Sleman- DIY. Dengan quota 200 orang santri, PSB kali ini terasa special karna diikuti oleh calon santri dengan berbagai latarbelakang keluarga mulai dari petani, driver ojol, dosen bahkan atlet pesepakbola. Dan bahkan untuk jenjang SMP juga diikuti oleh calon santri yang berasal dari Negeri Sakura, Jepang. Dan untuk dalam negeri sendiri, calon santri paling jauh berasal dari Kepulauan Riau.

Salah satu calon Wali Santri menyatakan ketertarikan nya memilih pondok ini dengan alasan karna PPTQ SahabatQu memiliki target hafalan Qur’an yang jelas tiap tahun nya yaitu minimal 3 juz. Beliau juga mengaku lebih nyaman menitipkan pendidikan anak nya di Kota Jogja Istimewa ini.  Sedangkan alasan salah satu calon santri SMP yang tim media temui, mengaku alasan pertama karena suka dengan gedung, fasilitas dan lingkungan pondok yang nyaman, terutama Kampus Putra SahabtQu yang berada di Pakem -yang terkenal dengan kondisi nya yang sangat mendukung untuk menghafal.

Seorang atlet sepakbola Nasional, Talaohu Abdul Musafri mengaku mendaftarkan putrinya ke pondok karna atas permintaan putrinya sendiri. Bahkan keinginan itu sudah ada sejak kelas 5 SD. Pria yang pernah memperkuat tim PSS Sleman (2004-2006) ini pun melakukan survey ke beberapa pesantren yang ada di Indonesia, dan pilihan jatuh ke Pesantren SahabatQu.

Talaohu A. Musafri saat ditemui tim media SahabatQu ketika selesai mengikuti seleksi wawancara ortu

Tapi cerita PSB ini belum berakhir. Karena masih ada rangkaian agenda sesudahnya. Yaitu pengumuman seleksi pada tanggal 20 Januari 2020Dan daftar ulang tahap I yaitu tanggal 22-27 Januari 2020. kemudian Tahap II tanggal 27 Januari – 27 Maret 2020. Adapun bagi yang belum diterima atau belum sempat mendaftar, masih ada kesempatan pada  Gelombang II yang akan di buka tanggal 27 Januari 2020 – 26 Februari 2020.
insyaa Allah-

Leave a Reply